Thursday, June 6, 2013

Alasan Babi Diharamkan

Beberapa alasan yang membuat seorang muslim tidak boleh memakan daging babi ialah :
uDaging Babi Diharamkan dalam Al-Qur’an
Al-Qur’an menggunakan kata lakhma (daging) karena sebagian besar pengambilan manfaat dari babi adalah daging. Selain itu, dalam daging babi selalu terdapat lemak. Kendati Al-Qur’an menggunakan kata lakhma, pengharaman babi bukan hanya dagingnya. Tetapi seluruh tubuh hewan babi. Pandangan ini sesuai dengan kaidah ushul fiqh: min dzikri’l-juz I wa iradati’l kulli. Artinya yang disebutkan sebagian dan dikehendaki seluruhnya. 

Di dalam Al-Qur’an Allah jelas menjelaskan tentang haram daging babi. Firman-Nya dalam surat Al-Maidah ayat 3 :

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ
“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah.”

Demikianlah Al qur'an berbicara tentang keharaman daging babi, namun al-Qur'an tidak menjelaskan secara detai apa saja yang ada didalam daging babi sehingga daging ini harus dijauhkan dari mengkonsumsinya. Baru kemudian melalui perkembangan teknologi manusia mengetahui lebih jauh tentang apa yang terkandung dalam daging babi. Tapi sebelum ini didapat dengan ilmu pengetahuan, al-Qur'an sudah berbicara ribuan tahun lalu.

Selain itu, Allah SWT juga berfirman dalam:
a. QS. Al Baqoroh (2) : 173
b. QS. Al Maa'idah (5) : 3
c. QS. Al An `Aam (6) : 145
d. QS. An Nahl (16) : 115

Rasulullah SAW juga telah menegaskan babi lebih banyak mudhorotnya

uKonsumsi Daging Babi Menyebabkan Beberapa Penyakit
·                     Daging Babi adalah Penyebab utama kanker anus dan kolon.
                    Persentase penderita penyakit mengerikan ini di negara-negara yang penduduknya memakan babi meningkat secara drastis, terutama di negara-negara Eropa, dan Amerika, serta di negara-negara Asia seperti Cina dan India.
Sementara di negara-negara Islam, persentasenya amat rendah, sekitar 1/1000. Hasil penelitian ini dipublikasikan pada 1986, dalam Konferensi Tahunan Sedunia tentang Penyakit Alat Pencernaan, yang diadakan di Sao Paulo. Babi banyak mengandung parasit, bakteri, bahkan virus yang berbahaya, sehingga dikatakan sebagai Reservoir Penyakit..

·                     Daging Babi Mengandung Cacing Berbahaya.
Daging babi mengandung cacing pita yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Cacing ini berkembang di usus 12 jari manusia. Dalam beberapa bulan, cacing pita itu akan menjadi dewasa dan berkembang biak. Jumlah cacing pita bisa mencapai sekitar 1.000 ekor dengan panjang antara 4-10 meter, dan terus hidup di tubuh manusia. Cacing pita ini mengeluarkan telurnya melalui kotoran yang dikeluarkan oleh manusia saat Buang Air Besa.
Selain itu, daging babi adalah tempat persinggahan bagi beberapa jenis cacing yang berbahaya.

1. Cacing spiral (Trichinella spinalis),
2. Cacing tambang (Ancylostoma duodenale),
3. Cacing paru-paru (Paragonimus),
4. Fasciolepsis busci, Schistosoma japonicum,
5. Chlonorchis sinensis,
7. Erypsipelothrix sp., dll.

·                     Darahnya mengandung asam urat paling tinggi.
Asam urat merupakan bahan yan jika terdapat dalam darah dapat menimbulkan berbagai penyakit pada manusia. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sedikitnya 70 jenis penyakit yang lazim diidap hewan babi dan beberapa diantaranya dapat ditularkan manusia yang memakannya.
·                     Gara-gara babi, virus Avian Influenza (AI)jadi ganas
SEBENARNYA.
1. Virus normal AI (Strain H1N1 dan H2N1) tidak akan menular secara langsung ke manusia.
2. Virus AI mati dengan pemanasan 60 oC lebih-lebih bila dimasak hingga mendidih.
3. Bila ada babi, maka dalam tubuh babi, Virus AI dapat melakukan mutasi & tingkat virulensinya bisa naik hingga menjadi H5N1.
4. Virus AI Strain H5N1 dapat menular ke manusia.
5. Virus H5N1 ini pada Tahun 1968 menyerang Hongkong dan membunuh 700.000 orang (diberi nama Flu Hongkong). Dan penyakit lainnya.


uDaging Babi terdiri atas Lemak
Daging babi hanya mempunyai sangat sedikit susunan otot dan mengandung lemak berlebihan. Lemak ini ditimbun dalam pembuluh dan bisa menyebabkan hipertensi dan serangan jantung. Tidak mengejutkan apabila orang Amerika menderita hipertensi.

uBabi adalah Salah Satu Hewan Paling Jorok Di Muka Bumi
Babi adalah binatang yang paling jorok dan kotor, Suka memakan bangkai dan kotorannya sendiri & kotoran manusia pun dimakannya. 
Sangat suka berada pada tempat yang kotor, tidak suka berada di tempat yang bersih dan kering.
uBabi adalah Hewan Paling Tidak Punya Malu
Babi adalah satu-satunya hewan yang mengundang teman-temannya untuk berhubungan seks dengan pasangannya. Di Amerika, sebagian besar orang mengonsumsi daging babi. Sering seusai pesta dansa, mereka bertukar istri. Banyak dari mereka mengatakan, “Kau tidur dengan istriku dan aku akan tidur dengan istrimu.” Jika Anda makan babi, anda akan berperilaku layaknya babi.
uBabi adalah Hewan yang sangat rakus
Babi memakan apa saja yang ada didepannya. Jika makanan itu telah habis dan dia kekenyangan, apa yang telah dimakannya itu dimuntahkan kembali, dan kemudian muntahan itu dimakannya lagi. Bahkan jika lapar, kotoran pun dimakan, termasuk kotorannya sendiri, kotoran manusia, dan kotoran hewan lain. Yang lebih menjijikkan, hewan ini juga senang kencing sembarangan, termasuk kencing pada makanan yang akan disantapnya.
Kadang ia mengencingi kotorannya dan memakannya jika berada di hadapannya, kemudian memakannya kembali. Ia memakan sampah busuk dan kotoran hewan.
Babi adalah hewan mamalia satu-satunya yang memakan tanah. Dia memakan tanah dalam jumlah besar dan dalam waktu yang lama jika tidak dicegah. Jadi tidak heran kalau kulit orang yang suka mengkonsumsi daging babi ada yang mengeluarkan bau tidak sedap.

uBabi adalah Hewan Pemalas
Babi hewan pemalas dan tidak suka bekerja (mencari pakan), tidak tahan terhadap sinar matahari, tidak gesit, tapi makannya rakus (lebih suka makan dan tidur), bahkan paling rakus di antara hewan jinak lainnya.
Jika tambah umur, jadi makin malas & lemah (tidak berhasrat menerkam dan membela diri).

uDaging Babi Adalah Daging Yang Sangat Sulit Dicerna
Daging babi adalah daging yang sangat sulit dicerna karena banyak mengandung lemak. Meskipun empuk dan terlihat begitu enak dan lezat, namun daging babi sulit dicerna. Ibaratnya racun, seperti halnya kholesterol! Selain itu, daging babi menyebabkan banyak penyakit : pengerasan pada urat nadi, naiknya tekanan darah, nyeri dada yang mencekam (angina pectoris) , dan radang pada sendi-sendi.

uDaging babi berbau pesing
Konsumen daging babi sering mengeluhkan bau pesing pada daging babi. Menurut sebuah penelitian, bau pesing tersebut disebabkan praeputium babi sering bocor, sehingga urine babi merembes ke dagingnya.

uAlasan-Alasan Lain
Dalam Islam dikenal prosedur khusus dalam penyembelihan hewan, yaitu menyebut nama Allah Yang MahaKuasa dan membuat irisan memotong urat nadi leher hewan, sembari membiarkan urat-urat dan organ organ lainnya utuh. 
Dengan cara ini menyebabkan kematian hewan karena kehabisan darah dari tubuh, bukannya karena cedera pada organ vitalnya, sebab jika organ-organ misalnya jantung, hati, atau otak dirusak, hewan tersebut dapat meninggal seketika dan darahnya akan menggumpal dalam urat-uratnya dan akhirnya mencemari daging, mengakibatkan daging hewan akan tercemar oleh uric acid, sehingga menjadikannya beracun, dan pada masa-masa kini lah para ahli makanan baru menyadari akan hal ini, subhanallah ..
 Apakah kita tahu kalau babi tidak dapat disembelih di leher ? karena mereka tidak memiliki leher, sesuai dengan anatomi alamiahnya? 
 Bagi orang muslim beranggapan kalau babi memang harus disembelih dan layak bagi konsumsi manusia, tentu Sang Pencipta akan merancang hewan ini dengan memiliki leher.

Selain itu Babi mengandung kadar lemak yang tinggi. Tabel berikut akan menjelaskan kadar lemak yang terdapat dalam daging babi dan hewan lainnya:

Babi gemuk 91%, Kambing gemuk 56%, Sapi gemuk 35%
Babi sedang 60%, Kambing sedang 29%, Sapi sedang 20%
Babi kurus 29%, Kambing kurus 14%, Sapi kurus 6%

Selain itu jika dibiarkan berada di udara terbuka maka daging yang pertama kali busuk adalah daging babi, diikuti daging domba dan yang terakhir adalah daging sapi. Akan tetapi apabila daging-daging tersebut dimasak, maka yang paling lambat masaknya adalah daging babi.

Dari hasil penelitian juga diperoleh kesimpulan bahwa daging kambing dan daging sapi berada dalam lambung selama 3 jam proses pencernaan sempurna, sementara daging babi bisa berada dalam lambung selama 5 jam hanya untuk memperoleh hasil pencernaan yang sempurna.


Jika ada yang bertanya: buat apa babi diciptakan jika tidak untuk dimakan? 

Kita bisa jawab: di dalam tubuh babi ada hal yang bisa kita petik pelajarannya dan kemudian kita hindari sebagaimana naluri kita selalu berkata untuk sedapat mungkin menghindarkan diri dari pengaruh virus flu atau bibit penyakit lainnya. Namun jika dia masih juga bersikukuh tentang babi, maka paling tidak dia harus bisa membuktikan bahwa daging tersebut aman dari pengaruh parasit maupun kandungan lemaknya yang tinggi. Apa dia dapat melakukannya sementara para ahli saja tidak benar-benar berani menjaminnya?

Semoga umat Islam memahami hikmah larangan-larangan haram yang difirmankan oleh Allah SWT. Sesungguhnya kajian ilmiah yang terkandung dalam berbagai larangan haram yang tersebut dalam Al-Quran itu sungguh sangat beralasan bila dikaji secara ilmiah berdasarkan ilmu pengetahuan.
Post a Comment
.> .